Kisah Nabi Adam, Diusir dari Surga

- 17 September 2020, 07:22 WIB
Ilustrasi langit malam*/Pixabay.com /

SPORTALIGA - Nabi Adam dan Hawa dilarang oleh Allah untuk mendekati sebuah pohon, apalagi memakan buahnya. Namun, Iblis yang sudah berjanji akan menyesatkan Adam beserta keturunannya, menggoda Adam untuk memakan buah tersebut.

Allah telah memperingatkan Nabi Adam bahwa Iblis adalah musuhnya dan musuh Hawa juga. Kemudian Allah berpesan supaya jangan sampai Iblis menyesatkan yang dapat menyebabkan keduanya keluar dari Surga.

"Maka Kami berkata, 'Hai Adam, sesungguhnya ini (iblis) adalah musuh bagimu dan bagi istrimu. Maka sekali-kali janganlah sampai ia mengeluarkan kamu berdua dari surga, yang menyebabkan kamu menjadi sengsara'" (QS. Thaha: 117)

Baca Juga: Kisah Nabi Adam, Pohon yang Dilarang Didekatinya

Iblis terus menerus menggoda Adam dan Hawa, supaya memakan buah tersebut. Dengan begitu Iblis akan berhasil ikut menyesatkan Adam.

“Kemudian syaitan membisikkan pikiran jahat kepadanya, dengan berkata: "Hai Adam, maukah saya tunjukkan kepada kamu pohon khuldi dan kerajaan yang tidak akan binasa?" (QS. Thaha: 20)

Iblis bersumpah dengan menyebut nama Allah untuk menipu Adam dan Hawa, dia mengatakan bahwa dirinya yang lebih mengetahui mengenai tempat yang di diami oleh Nabi Adam dan Hawa.

"sesungguhnya aku diciptakan sebelum kalian, aku lebih mengetahui daripada kalian, maka ikutilah aku, niscaya aku akan membimbing kalian". Kata Iblis, dalam Kitab Tafsir Ibnu Katsir.

Baca Juga: Kisah Nabi Adam, Surga Tempat Adam dan Hawa Tinggal

Halaman:

Editor: Deli Luthfi Rahman

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X