Kisah Nabi Adam, Surga Tempat Adam dan Hawa Tinggal

- 17 September 2020, 07:06 WIB
ILUSTRASI: Langit Berawan /Pixabay

SPORTALIGA - Setelah Hawa tercipta, maka Hawa pun diam di surga bersama Adam. Allah membebaskan merka untuk menikmati karunia surga yang Allah berikan untuk mereka. Hal tersebut tercatat dalam Al-Quran;

"Dan Kami berfirman: 'Hai Adam, diamilah oleh kamu dan isterimu surga ini, dan makanlah makanan-makanannya yang banyak lagi baik dimana saja yang kamu sukai, dan janganlah kamu dekati pohon ini, yang menyebabkan kamu Termasuk orang-orang yang zalim'" (QS. Al-Baqarah: 35)

Allah menyebutkan kenikmatan lain yang dapat dinikmati oleh Adam dan istrinya saat tinggal di surga. Adam dan Hawa tidak akan kelaparan dan telanjang, serta tidak mengalami dahaga dan kepanasan.

Baca Juga: Kisah Nabi Adam, Penciptaan Hawa Untuk Membuatnya Tenang

"Sesungguhnya kamu tidak akan kelaparan di dalamnya dan tidak akan telanjang. dan sesungguhnya kamu tidak akan merasa dahaga dan tidak (pula) akan ditimpa panas matahari di dalamnya". (QS. Thaha: 118-119)

Terdapat perbedaan pendapat juga dikalangan Ulama mengenai letak surga yang didiami oleh Adam dan Hawa. Ibnu Katsir, menjelaskan perbedaan pendapat tersebut dalam tafsirnya dengan mengutip beberapa pernyataan dari kedua kelompok.

Menurut Ibnu Katsir, mayoritas ulama berpendapat bahwa surga yang didiami oleh Adam berada dilangit. Kemudian Ibnu Katsir mengutip perkataan Al-Qurthubi yang menyebutkan, kaum Mu'tazilah dan Qadariyah berpendapat bahwa surga itu berada di bumi.

Baca Juga: Kisah Nabi Adam, Kesombongan Iblis

Kelompok yang berpendapat bahwa surga yang ditempati Nabi Adam berada di akhirat atau dilangit, berdasarkan riwayat-riwayat hadits dari Muslim. Salah satunya adalah hadits yang menceritakan perdebatan Nabi Adam dan Nabi Musa

Halaman:

Editor: Deli Luthfi Rahman

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X