Kisah Nabi Adam, Penciptaan Hawa Untuk Membuatnya Tenang

- 17 September 2020, 07:01 WIB
Langit //PIXABAY

SPORTALIGA - Setelah Iblis dikeluarkan dari Surga, Adam pun dimasukan ke dalam surga. Adam berada di dalam surga seorang diri tanpa pasangan.

Dalam sebuah hadits Ibnu Abbas yang dikutip oleh Ibnu Katsir dalam tafisrnya, menyebutkan bahwa pada waktu itu Adam tertidur sebentar. Kemudian pada saat Adam terbangun, dia melihat di arah kepalanya ada seorang wanita yang sedang duduk.

Adam bertanya kepada orang yang sedang duduk tersebut, "Siapakah engkau?". Ia menjawab, "Aku Seorang wanita", Adam bertanya lagi, "Kenapa engkau diciptakan?", Ia menjawab, "Agar engkau tenang karenaku".

Baca Juga: Kisah Nabi Adam, Kesombongan Iblis

Para Malaikat yang telah mengetahui pengetahuan Adam yang banyak, bertanya kepada Adam, "Siapa namanya wahai Adam?". Adam menjawab, "Namanya Hawa". Para malaikat bertanya lagi, "Kenapa diberi nama Hawa?" Adam menjawab, "Karena dirinya diciptakan dari sesuatu yang hidup"

Adam merasa tenang dengan Hawa, kemudian Allah menikahkan mereka.

"Ketika Adam bangun dari tidur, ia melihat Hawa di sampingnya, maka ia berkata, sebagaimana yang mereka katakan Allah lebih tahu, ’daging, darah dan ruhku’. Maka Adam merasa tenang kepadanya, manakala Allah menikahkan Adam dengannya, Dia menjadikan hati Adam merasa tenang kepadanya", Tulis Ibnu Katsir dalam Tafsirnya.

Terdapat dua pendapat yang berbeda, mengenai bahan penciptaan Hawa. Kelompok pertama berpendapat, bahwa Hawa diciptakan oleh Allah dari tulang rusuk Nabi Adam. Sedangkan kelompok kedua, berpendapat bahwa Hawa diciptakan dari sesuatu unsur yang sama dengan Nabi Adam, yaitu tanah.

Baca Juga: Kisah Nabi Adam, Menjawab Keraguan Malaikat Atas Penciptaannya

Halaman:

Editor: Deli Luthfi Rahman

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X