Kisah Nabi Adam, Kesombongan Iblis

- 17 September 2020, 06:49 WIB
Ilustrasi wajah Jin atau Setan* /DOK. THE SUN/

SPORTALIGA - Iblis ikut memperhatikan bagaimana proses terjadinya penciptaan Adam. Sebagaimana yang disebutkan dalam hadits riwayat Imam Muslim dalam Kitab Shahihnya.

"Rasulullah saw. bersabda: Ketika Allah menciptakan Adam, Dia membiarkannya berproses, lalu Iblis mengelilingi seraya memperhatikannya. Ketika Iblis melihat tanah tersebut kering, dia mengetahui bahwa itu adalah makhluk yang tidak memiliki apa-apa," hadits riwayat Imam Muslim Sebagaimana dikutip dalam kitab Shahih Muslim.

Saat adam masih berupa tanah yang berbentuk, Iblis melewatinya dan terkejut. Kemudian Iblis mendekatinya dan memukul-mukulnya, hingga menimbulkan suara seperti bunyi tembikar saat dipukul. kemudian Iblis mengatakan, "untuk apa kamu diciptakan".

Baca Juga: Kisah Nabi Adam, Bumi yang Menolak Diambil Tanahnya

"Janganlah kalian takut kepada makhluk ini, karena sesungguhnya Tuhan kalian maha perkasa, sedangkan makhluk ini berrongga. Jika aku dapat menguasainya, niscaya dia benar-benar akan aku binasakan" Kata Iblis kepada Malaikat, yang sama-sama terkejut ketika melihat Adam.

Ibnu Katsir menyebutkan, Saat Adam belum ditiupkan ruh, dan dibiarkan selama empat puluh tahun, selama itu iblis selalu mendatangi Adam dan memukulnya dengan kakinya.

Setelah Allah mengajarkan Adam nama-nama, maka Allah menyuruh kepada Malaikat untuk bersujud kepadanya. Dalam beberapa tafsir disebutkan, sujudnya bukan untuk menyembah, tapi untuk memuliakan dan menghormati.

Baca Juga: Kisah Nabi Adam, Menjawab Keraguan Malaikat Atas Penciptaannya

"Dan (ingatlah) ketika Kami berfirman kepada para malaikat: Sujudlah kamu kepada Adam, maka sujudlah mereka kecuali Iblis, ia enggan dan takabur dan adalah ia termasuk golongan orang-orang yang kafir". (QS. Al-Baqarah Ayat: 34)

Halaman:

Editor: Deli Luthfi Rahman

Sumber: Berbagai sumber


Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X