Kisah Nabi Adam, Menjawab Keraguan Malaikat Atas Penciptaannya

- 17 September 2020, 06:36 WIB
Ilustrasi langit malam*/Pixabay.com /

 

SPORTALIGA - Setelah Adam ditiupkan ruh, dan menjadi hidup, kemudian Allah mengajarkan nama-nama semuanya secara rinci. Peristiwa tersebut, terekam dalam Al-Quran, surat Al-Baqarah ayat 31 sampai dengan ayat 33.

“Dan Dia mengajarkan kepada Adam Nama-nama (benda-benda)seluruhnya, kemudian mengemukakannya kepada Para Malaikat lalu berfirman: "Sebutkanlah kepada-Ku nama benda-benda itu jika kamu mamang benar orang-orang yang benar!"

Beberapa Ulama, menerangkan apa yang dimaksud dengan "mengajarkan nama-nama" tersebut. Dalam Tafsir Ibnu Katsir, terdapat pendapat-pendapat mengenai hal itu. Semuanya merujuk kepada hadits yang diriwayatkan oleh Ibnu Abbas.

Baca Juga: Kisah Nabi Adam, Bumi yang Menolak Diambil Tanahnya

As-Suddi mengemukakan hadits dari Ibnu Abbas, bahwa yang dimaksud dengan "Mengajarkan nama-nama" adalah dengan menunjukannya satu persatu-satu kepada Adam nama-nama anaknya satu persatu dan nama-nama hewan. Seperti, "Ini keledai, ini unta, ini kuda"

Adh-Dahk, juga mengemukakan riwayat Ibnu Abbas untuk menerangkan hal tersebut. yaitu, dengan menerangkan nama-nama benda yang diketahui oleh manusia, hewan, langit, bumi, daratan, lautan, unta keledai, dan nama-nama makhluk lainnya.

Ibnu Abi Hatim dan Ibnu Jarir, mengemukakan riwayat dari 'Asyim bin Kulaib, yang disampaikan juga oleh Ibnu Abbas. Dia mengajarkan kepada Adam nama piring besar dan priuk, sampai-sampai kentut pun Dia ajarkan.

Baca Juga: Kisah Nabi Adam, Proses Penciptaan hingga Ukuran Fisiknya

Kemudian Allah menyodorkan benda-benda tersebut dan menyuruh malaikat untuk menyebutkan nama-namanya. "Sebutkanlah kepada-Ku nama benda-benda itu jika kamu mamang benar orang-orang yang benar!".

Halaman:

Editor: Deli Luthfi Rahman

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X