Kisah Nabi Adam, Proses Penciptaan hingga Ukuran Fisiknya

- 14 September 2020, 20:20 WIB
Ilustrasi kisah Nabi Ibrahim. /Pixabay

SPORTALIGA - Adam adalah manusia dan Nabi pertama. Dia juga disebut Abul-Basyar atau bapaknya seluruh manusia, karena darinya lahirlah seluruh manusia yang hidup di dunia.

sangat menarik untuk diketahui mengenai kisah penciptaan Nabi Adam AS ini. Sebagai manusia pertama, proses penciptaannya akan berbeda dengan manusia pada umumnya, yang melewati beberapa fase, bayi, balita, remaja, dan dewasa.

Untuk mengetahui penciptaan Nabi Adam, kita bisa merujuk kepada al-Quran dan al-Hadits. Beberapa ulama juga banyak menceritakan kejadian tersebut dalam kitab tafsirnya.

Baca Juga: Sosok Malaikat yang Besar dan Bersayap

Dalam Mukhtashar Al Bidayah wa An-Nihayah, ringkasan dari kitab yang di tulis oleh Ibnu Katsir, disebutkan bahwa Adam memilik empat macam kehormatan. Pertama, Adam diciptakan langsung dengan tangan Allah. Kedua, Ditiupkan kepada adam roh-Nya. Ketiga, Allah memerintahkan kepada para malaikat untuk sujud kepada Adam. Keempat, Adam diajari berbagai nama benda.

Adam Diciptakan Dari Tanah

Nabi Adam AS diciptakan dari tanah oleh Allah sendiri. Berbeda dengan manusia lainnya setelah Adam dan Hawa, yang harus melalui proses reproduksi untuk kelahirannya.

"Sesungguhnya Aku akan menciptakan manusia dari tanah," firman Allah dalam surat Shad ayat 71.

Allah memerintahkan untuk mengambil setiap unsur tanah yang ada di muka bumi. Sehingga dari berbagai unsur tanah tersebut nantinya manusia memilik warna dan watak yang berbeda-beda.

Imam at-Turmuzi,Dalam Kitab Sunan at-Turmuzi, meriwayatkan hadits dari Rasulullah SAW,

Halaman:

Editor: Deli Luthfi Rahman


Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X